PERBEDAAN KECERDASAN RUANG ANTARA SISWA BERLATAR IPS DAN IPA DI SMA NEGERI 2 GARUT

Authors

  • Ikeu Rasmilah, S.Pd., M.Pd. Prodi Pendidikan Geografi FKIP UNIBBA
  • Asep Ilham Harisudin, S.Pd. Prodi Pendidikan Geografi FKIP UNIBBA

Keywords:

Kecerdasan Ruang, Peta Mental, Konsep Geografi

Abstract

Kecerdasan ruang merupakan kemampuan untuk mengubah persepsi, mengatur informasi ke dalam peta mental, dan menentukan keputusan secara jelas dan tepat. Salah satu mata pelajaran yang mampu meningkatkan kecerdasan ruang adalah mata pelajaran geografi. Pengusaan konsep dasar geografi bukan hanya tau dan mengerti definisi saja, melainkan harus menguasai penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep geografi diterapkan pada jurusan IPA dan IPS jenjang sekolah menengah atas. Jurusan IPA sampai saat ini menjadi jurusan yang paling diminati dari pada jurusan IPS. Jumlah jam pelajaran geografi pada jurusan IPA lebih sedikit daripada jumlah jam pelajaran geografi pada jurusan IPS, sehingga memungkinkan adanya perbedaan kecerdasan ruang antara jurusan IPS dan IPA. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan kecerdasan ruang antara siswa berlatar IPS dan IPA di SMA N 2 Garut, dengan jenis penelitian studi analitik deskriptif dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan cara angket tes, dengan jumlah sampel 108 orang Proportionate Stratified Random Sampling. Hasil analisis dengan menggunakan SPSS, menunjukan bahwa ada perbedaan kecerdasan ruang antara siswa berlatar IPS dan IPA di SMAN 2 Garut. 

Downloads

Published

2019-05-30