EFEKTIVITAS MODUL PROJEK P5 TENTANG KEARIFAN LOKAL TANAMAN BAMBU UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SMA MUSLIMIN CILILIN
Keywords:
modul projek, kurikulum merdeka, kreativitas siswaAbstract
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam kurikulum merdeka dalam tujuan pembelajarannya diharapkan siswa lebih kreatif dan sadar dalam melihat lingkungan yang ada di sekitar tempat tinggal siswa. Untuk itu maka sekolah menyusun modul projek P5 dengan tema tentang kearifan lokal pemanfaatan tanaman bambu. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-postfacto, yang dilaksanakan di SMA Muslimin Cililin. Bentuk ex-postfacto ini adalah penggunaan modul Projek pada kegiatan proses belajar mengajar P5 dan diakhiri dengan panen karya. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X1-X8. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan modul projek terhadap kreativitas siswa adalah sebesar 37% dan 63% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Maka dapat disimpulkan efektivitas dalam Penggunaan Modul Projek P5 Sub pokok bahasan kearifan lokal tentang pemanfaatan tanaman bambu dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa SMA Muslimin Cililin pada kegiatan Projek P5.