PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN MOTIVASI BELAJAR GEOGRAFI DI SMA HANDAYANI 2 KABUPATEN BANDUNG

Authors

  • Upi Supriatna UNIBBA
  • Lia Amalia UNIBBA

Keywords:

pembelajaran kooperatif, group investigation, motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi di SMA Handayani 2 Banjaran Kabupaten Bandung. Untuk mengatasi hak tersebut maka digunakanlah model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan media scrabble.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tersebut terhadap motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran geografi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eskperimen dimana terdapat dua kelas sampel yang diambil secara random dari populasi yaitu kelas XI IPS I sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Data hasil eskperimen diambil dengan menggunakan angket skala likert yang diberikan menggunakan pre-test dan posttest. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap motivasi belajar peserta didik. Dimana jumlah persentase peserta didik pada tingkatan sangat baik dan baik di kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Sebagian besar peserta didik di kelas kontrol berada pada tingkat motivasi baik sebesar 53,25%, sementara itu di kelas eksperimen sebagian besar peserta didik yang memiliki tingkat motivasi baik sebesar 62,5%. Peserta didik di kelas kontrol yang memiliki motivasi belajar pada tingkat sangat baik yaitu sebesar 9,375%, sedangkan peserta didik di kelas eksperimen yang memiliki motivasi belajar tingkat sangat baik sebesar 34,375%.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN MOTIVASI BELAJAR GEOGRAFI DI SMA HANDAYANI 2 KABUPATEN BANDUNG. (2024). GEOAREA | Jurnal Geografi, 7(02), 85-93. https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/Geoarea/article/view/1600