KOMPETENSI SOSIAL GURU DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMPN 1 BANJARAN

Authors

  • Yunita Haryani UNIBBA
  • Putri Zahwani Zaidan UNIBBA

Keywords:

guru, kompetensi sosial, keterampilan sosial, siswa

Abstract

Guru merupakan elemen kunci dalam sistem pendidikan, khususnya disekolah. Guru memiliki beberapa kompetensi yang harus dikuasai salah satu diantaranya adalah kompetensi sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi sosial guru terhadap keterampilan sosial siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 440 siswa dan sampelyang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 81 siswa. Hasil Uji t yang menunjukkan bahwa kompetensi sosial guru berpengaruh positif terhadap keterampilan sosial siswa nilai signifikansi sebesar 0.022, koefisien regresi sebesar 0.239 yang berarti bahwa kompetensi sosial guru berpengaruh terhadap keterampilan sosial siswa. dapat dinyatakan hipotesis Ha “kompetensi sosial guru berpengaruh terhadap keterampilan sosial siswa” diterima. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu, ada pengaruh positip padatingkat kompetensi sosial guru terhadap keterampilan sosial siswa 20,1%, yang artinya tingkat kompetensi sosial gurumemberikan kontribusi sebesar 20,1% bagi peningkatan keterampilan sosial. Sedangkan sisanya 79,9% dapat dipengaruhi oleh variabel lain.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Yunita Haryani, & Putri Zahwani Zaidan. (2023). KOMPETENSI SOSIAL GURU DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMPN 1 BANJARAN. GEOAREA | Jurnal Geografi, 6(02), 90–100. Retrieved from https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/Geoarea/article/view/1325