PEMBELAJARAN IPBA BERBASIS EKSTRAKURIKULER DI SMAN 2 BANDUNG
Keywords:
pembelajaran IPBA, ekstrakurikulerAbstract
Penelitian ini merupakan suatu pembahasan tentang pengaruh pembelajaran IPBA berbasis ekstrakurikuler terhadap peningkatan minat dan pengetahuan siswa dalam bidang IPBA. Pokok pembahasan yang dibahas adalah bagaimana minat dan pengetahuan siswa dalam bidang IPBA dan bagaimana pengaruh kegiatan pembelajaran IPBA ekstrakurikuler terhadap peningkatan minat dan pengetahuan siswa dalam bidang IPBA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Jurusan IPA dengan mata pelajaran lintas minat Geografi di SMAN 2 Bandung tahun ajaran 2020/2021, dengan jumlah 238 siswa yang disampel secara purposive sampling sebanyak 24 siswa. Penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode survei, penelitian lapangan (field research) dan teknik analisis data. Data mengenai minat dan pengetahuan siswa dalam bidang IPBA diperoleh dari hasil observasi, angket, wawancara dan dokumentasi, dan data itu diolah dengan persentase (%). Faktor yang mendukung kegiatan pembelajaran IPBA berbasis ekstrakurikuler diantaranya materi pembelajaran, media, tempat, dan metode pembelajaran yang dikemas dengan bagus dan menarik yang diberikan kepada siswa sehingga bisa berpengaruh positif terhadap peningkatan minat dan pengetahuan siswa dalam bidang IPBA Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase minat siswa terhadap bidang IPBA bertambah sebanyak 21% dan persentase pengetahuan siswa bertambah sejumlah 18%, sehingga bisa disimpulkan adanya kegiatan pembelajaran IPBA berbasis ekstrakurikuler di sekolah dapat berpengaruh terhadap peningkatan minat dan pengetahuan siswa dalam bidang IPBA.