KAHOOT DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v16i1.925Keywords:
kahoot, teks eksplanasi, media pembelajaranAbstract
Mahasiswa sering merasa kesulitan dalam mengekspresikan ide-ide yang akan dituangkan dalam teks eksplansi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keefektivan penggunaan Kahoot sebagai media pembelajaran dalam menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan penelitian eksperimental. Sumber data dalam penelitian ini adalah responden pada kelas kontrol dan responden pada kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik nontes. Instrumen penelitian yang dirancang dalam penelitian ini adalah instrumen soal untuk pretest, instrumen soal untuk posttest, dan juga instrumen soal untuk dijadikan kuis pada aplikasi Kahoot. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data dalam penelitian ini disajikan secara formal atau menggunakan kata-kata dengan tambahan disertai tabel. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, dapat disimpulkan bahwa aplikasi Kahoot terbukti efektif digunakan sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi kelas XI. Hal ini berdasarkan hasil yang diperoleh dari pretest dan posttest yang telah diberikan kepada kelas kontrol dan juga kelas eksperimen. Hasil pretest dan posttest yang dimaksud meliputi hasil skor rata-rata, nilai tertinggi, dan nilai terendah, serta dari hasil perhitungan uji hipotesis sig. (2-ekor) sebesar 0,02