PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SUGESTOPEDIA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI

Authors

  • Rance Julika Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v15i2.885

Keywords:

metode pembelajaran, puisi, sugestopedia

Abstract

Menulis merupakan keterampilan dalam menuangkan ide, gagasan, pikiran, dan pengalaman. Keterampilan menulis yang dimiliki siswa, dapat membantu dalam proses belajar mengajar terutama pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode pembelajaran sugestopedia terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode pre-eksperimental design. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel adalah 25 siswa kelas VIII. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis puisi siswa sebelum menggunakan metode suggestopedia memperoleh rata-rata 69,33 pada rentang 66-75% dengan kualifikasi lebih dari cukup (LdC). Kedua, keterampilan menulis puisi siswa setelah menggunakan metode suggestopedia memeproleh rata-rata 82,66 dengan kualifikasi baik. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, terdapat pengaruh metode pembelajaran suggestopedia terhadap keterampilan teks puisi siswa kelas VIII SMPN 1 Kecamatan Kapur IX karena thitung>ttabel (4,29>1,71).

Downloads

Published

2022-10-30