PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI (CERITA FANTASI) DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN MEDIA FILM AMBILKAN BULAN PADA SISWA KELAS VII E MTSN 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022

Authors

  • Oktavia Nirmalasari UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Mokh. Yahya UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v15i2.830

Keywords:

ambilkan bulan, cerita fantasi, Keterampilan menulis, model pembelajaran project based learning, media film

Abstract

Dalam dunia pendidikan perlu adanya peningkatan agar siswa lebih kreatif dan inovatif di era perkembangan zaman. Keterampilan menulis merupakan suatu hal yang sangat penting. Penelitian tentang peningkatan keterampilan menulis teks narasi (cerita fantasi) dengan model Project Based Learning dan media film Ambilkan Bulan pada siswa kelas VII E MTs N 2 Surakarta Tahun Ajaran 2021/2022 ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Peningkatan keterampilan menulis siswa dilaksanakan dengan menggunakan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil dari prasiklus yaitu 70,75%, siklus I yaitu 73,06% dan siklus II 82,25%. Pada prasiklus ke siklus I capaian masih kurang dari 75% dan sudah maksimal pada siklus II. Pada prasiklus siswa yang belum tuntas 21, pada siklus I berkurang menjadi 16, dan pada siklus II semua tuntas, jumlah siswa adalah 32 siswa. Perubahan perilaku siswa mengarah dari negatif ke positif. Perubahan perilaku tersebut yaitu siswa tidak bersemangat dalam menulis teks narasi (cerita fantasi) menjadi siswa memperhatikan materi pembelajaran dengan baik. Siswa kurang berinteraksi atau diam saja dalam pembelajaran menjadi siswa antusias dalam menulis teks narasi (cerita fantasi). Siswa berbicara atau mengganggu temannya dalam pembelajaran menjadi siswa aktif bertanya atau bersemangat dalam pembelajaran. Maka penelitian ini berhasil dilakukan.

Downloads

Published

2022-10-30