PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM PEMBELAJARAN TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII MTSN 1 KOTA SERANG
DOI:
https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v15i1.777Keywords:
cooperative learning, stad, Student Teams Achievement DivisionAbstract
Pembelajaran berbasis student oriented sesuai kurikulum 2013 dapat direalisasikan dengan model Pembelajaran cooperative learning. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran teks fabel. Berdasarkan penelitian, model STAD efektif digunakan dalam materi struktur dan kaidah bahasa fabel. Hasil penelitian yang dilakukan di MTsN 1 Kota Serang pada kelas 7A, nilai rata-rata yang diperoleh dari tugas kelompok siswa yaitu 92,5. Terdapat 8 kelompok, 6 kelompok mendapatkan nilai sempurna 100, kemudian 1 kelompok mendapatkan nilai 80, dan 1 kelompok sisanya mendapatkan nilai 60. Kelompok yang mendapatkan nilai kurang dari KKM diwawancarai dan dilakukan remedial. Hasilnya, mereka sebenarnya paham dengan materi, hanya saja mereka tidak teliti dikarenakan waktu yang kurang.. Selain dilihat dari pencapaian, keefektifan model ini dapat dilihat dari proses pembelajaran. Kondisi kelas menjadi ramai karena keaktifan siswa saat berdiskusi dan menjawab kuis individu.