KEMAMPUAN MENULIS KREATIF NASKAH DRAMA DENGAN PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TIPE LEARNING COMMUNITY KELAS VIII SMP NEGERI 9 PADANGSIDIMPUAN

Authors

  • Hendry Paisal SMP N 10 Padang Sidimpuan

DOI:

https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v14i2.603

Keywords:

menulis kreatif, naskah drama, learning community

Abstract

Menulis karya sastra merupakan salah satu materi pokok dalam pelajaran bahasa Indonesia di setiap sekolah, tak terkecuali di Sekolah Luar Biasa. Oleh karena itulah, para guru yang mengajarkan pelajaran bahasa Indonesia sudah semestinya memahami dan menguasai ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam penulisan karya sastra baik itu cerpen, novel, drama, maupun puisi. Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual tipe learning community merupakan pembelajaran yang terbaru dibanding dengan model yang lain. Pembelajaran ini menekankan kreativitas siswa dalam berargumen, penghayatan, dan penilaian. Tujuannya adalah untuk membangkitkan interaksi personal baik secara individu maupun kelompok melalui diskusi. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kemampuan siswa dalam menulis naskah drama dengan penggunaan pendekatan kontekstual tipe learning community khususnya pada kelas VIII SMP N Padang Sidimpuan.

Downloads

Published

2021-10-30 — Updated on 2021-10-30

Versions