ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SESUAI KAIDAH PUEBI PADA SISWA KELAS 12 SMA/SMK/MA
DOI:
https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v14i2.547Keywords:
Keterampilan menulis, Teks eksposisi, pembelajaran jarak jauh, pembelajaran daring, covid-19Abstract
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau pembelajaran daring merupakan upaya yang dilakukan pemerintah untuk tetap melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar di tengah mas pandemi Covid-19 dengan berbagai metode yang digunakan selama di rumah masing-masing, baik siswa maupun guru turut ambil bagian di dalamnya. Pengalaman pembelajaran daring ini banyak sekali cerita di baliknya, mulai dari yang mengenakan sampai yang tidak mengenakan terutama bagi para siswa yang merasakan dampak langsung pembelajaran daring ini. Dari pengalaman tersebut penulis menjadikan bahan penelitian jurnal ini yang berisikan tentang penjabaran pembelajaran daring dari lima orang partisipan yang berstatus sebagai siswa kelas 12 SMA atau se-derajat di berbagai wilayah ke dalam bentuk teks eksposisi. Dengan metode kualitatif yang meminta kesediaan para artisipan untuk menuliskan pengalaman mereka selama pembelajaran daring ini ke dalam dokumen Microsoft Word, sehingga menghasilkan penelitian yang dituangkan ke dalam jurnal ini sebagai pembelajaran untuk mengetahui menganalisis kemampuan para partisipan tersebut mengenai keterampilan menulis khususnya menulis teks eksposisi