KORELASI KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPOSISI DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SUNGAI TARAB

Authors

  • Hanniyah Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS Universitas Negeri Padang
  • Afnita Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v13i1.301

Keywords:

Korelasi, Membaca pemahaman, Menulis, Teks eksposisi

Abstract

Artikel ini ditulis bertujuan untuk menggambarkan keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dengan keterampilan menulis eksposisi siswa kelas X SMAN 1 Sungai Tarab. Pada penenelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah korelasional. Populasi dalam hal ini Penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Sungai Tarab terdaftar pada tahun akademik 2019/2020 berjumlah 396 siswa. Sampel diambil secara proporsional pengambilan sampel acak. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa korelasi antara keterampilan membaca dengan keterampilan menulis siswa teks eksposisi kelas X SMAN 1 Sungai Tarab dengan bukti 95% dengan derajat kebebasan n-1; thitung > ttabel (8,37)> (1,67). Oleh karena itu, keterampilan membaca pemahaman teks ekspositori memiliki korelasi keterampilan menulis teks eksposisi.

Downloads

Published

2020-04-30