PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP SISWA KELAS VIII A MTS AL-IKHLAS PACET KABUPATEN BANDUNG TAHUN AJARAN 2016-2017
DOI:
https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v11i1.27Keywords:
Keterampilan menulis, kartu kata bergambar, media, puisiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII A MTs Al-Ikhlas Pacet Kabupaten Bandung dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia melalui penggunaan media kartu kata bergambar. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII A MTs Al-Ikhlas Pacet dengan subjek penelitian sejumlah 38 siswa, yang terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan tindakan dan implementasi di lokasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti bersama guru bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, pengamatan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kata bergambar dalam pembelajaran menulis puisi mampu meningkatkan keterampilan siswa. Kemampuan rata-rata siswa dalam menulis puisi sebelum adanya implementasi tindakan berkategori kurang. Namun setelah implementasi tindakan selama dua siklus, kemampuan rata-rata siswa dalam menulis puisi menjadi berkategori sangat baik.