ANALISIS BAHASA TULISAN PADA ANAK DENGAN GANGGUAN DISLEKSIA

(Pendekatan Psikolinguistik)

Authors

  • Fahrin Chariz Diaz Fahreza UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v12i2.228

Keywords:

Neurologi, Disleksia, Gangguan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk bisa menganalisis dan memaparkan bentuk-bentuk bahasa tulis pada seorang anak yang terkena gangguan berbahasa Disleksia. Gangguan berbahasa yang dapat menyebabkan suatu masalah atau hambatan pada perkembangan bahasa pada anak bisa disebabkan salah satunya oleh penyakit disleksia, penyakit tersebut juga bisa menyerang fungsi neurologi otak yang tentunya dapat mempengaruhi perkembangan pemrosesan bahasa pada seorang anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif deskriptif, dimana sumber pokok data penelitian didapat dari Dokumentasi bentuk bahasa tulis maupun lisan, dari salah satu siswa sekolah dasar yang berdomisili di Pamulang, Tangerang Selatan yang bernama NH (penyebutan nama menggunakan inisial). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan cara wawancara, dokumentasi, dan pengamatan. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang sudah dilakukan pada penelitian ini, NH mempunyai beberapa kekurangan di masalah penulisan, dari mulai penulisan huruf yang terbalik, urutan huruf yang berbeda dengan anak yang normal, ketidaktepatan penulisan huruf dalam kata dan perbedaan yang lainnya. 

Downloads

Published

2019-10-30

How to Cite

ANALISIS BAHASA TULISAN PADA ANAK DENGAN GANGGUAN DISLEKSIA : (Pendekatan Psikolinguistik) . (2019). METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 12(2), 45-50. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v12i2.228