PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE BAMBOO DANCE DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK

Authors

  • Wintarsih Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNIBBA

DOI:

https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v12i2.227

Keywords:

Kecerdasan linguistik, model pembelajaran, Cooperative Bamboo Dance

Abstract

Penulisan artikel ini dilatar belakangi persepsi siswa bahwa terkadang belajar bahasa Indonesia itu membosankan. Oleh karena itu, harus diciptakan suasana agar belajar di sekolah berlangsung secara aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Selain dari pada itu, pentingnya kecerdasan bahasa (linguistik) dalam pembelajaran bahasa Indonesia, karena kecerdasan lingustik merupakan kemampuan membaca, menulis, berdiskusi, berargumentasi, dan berdebat, yang harus ditingkatkan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan penulis adalah mengembangkan model pembelajaran dalam meningkatkan kecerdasan linguistik. Kajian teori yang dibahas pada artikel ini meliputi: 1) Sejarah bahasa Indonesia, 2) Langkah-langkah model pembelajaran Cooperative Bamboo Dance; 3) Kecerdasan Linguistik, dan 4) Keterkaitan antara model pembelajaran Cooperative Bamboo Dance dalam meningkatkan kecerdasan linguistik

Downloads

Published

2019-10-30