Desain Pembelajaran Materi Fungsi Gamma untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Mahasiswa pada Mata Kuliah Fungsi Khusus
Keywords:
Desain Pembelajaran, Fungsi Gamma, Fungsi Khusus.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan yang dialami mahasiswa dalam memahami dan menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan konsep fungsi gamma. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain pembelajaran materi fungsi gamma yang dapat mengoptimalkan kemampuan berpikir mahasiswa dalam mata kuliah fungsi khusus. Penelitian ini dilakukan di tempat penulis bekerja pada mata kuliah fungsi khusus semester ganjil tahun ajaran 2021-2022 dengan peserta sebanyak 6 orang. Penelitian ini merupakan suatu design research yang terdiri dari 3 tahapan. Tahapan pertama adalah penelitian pendahuluan, tahap peneliti menganalisis kebutuhan dan konteks kegiatan pembelajaran, studi literatur, dan mengembangkan kerangka berpikir. Tahap kedua adalah tahapan pengembangan, tahap peneliti melakukan validasi desain pembelajaran untuk selanjutnya diadakan revisi (perbaikan), aplikasi desain di kelas, dan perbaikan berdasarkan pertemuan. Tahap ketiga yakni tahap asesmen, tahap peneliti memberikan soal evaluasi kepada mahasiswa untuk mengetahui hasil penerapan desain terkait optimalisasi hasil belajar fungsi khusus. Hasil desain yang diperoleh secara umum adalah kegiatan pembelajaran, self reflection, dan evaluasi. Hasil yang kedua adalah terdapat 5 mahasiswa (90%) yang menguasai materi fungsi gamma.