Implementasi Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dan Knisley untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP
Keywords:
Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA), Pembelajaran Knisley, kemampuan berpikir kritis matematika, self efficacy siswa.Abstract
Ditinjau dari aspek kompetensi yang ingin dicapai, fokus pembelajaran matematika di sekolah adalah kemampuan berpikir kritis matematika disamping penguasaan konsep dan algoritma. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui: (1) Perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika antara siswa yang memperoleh pembelajaran MEA, Knisley, dan Ekspositori. (2) Kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang memperoleh pembelajaran MEA dengan siswa yang memperoleh pembelajaran Knisley. (3) Kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang memperoleh pembelajaran MEA dengan siswa yang memperoleh pembelajaran Ekspositori. (4) Kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang memperoleh pembelajaran Knisley dengan siswa yang memperoleh pembelajaran Ekspositori. (5) Self-Efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran MEA, Knisley dan Ekspositori. (6) Hubungan berpikir kritis matematika dengan self efficacy siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mixed Method dengan desain penelitian Embedded. Disain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kelompok kontrol pretes-postes (pretes-posttes-control group design). Analisis data yang dilakukan oneway ANOVA. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut (1) Kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang memperoleh Pembelajaran Means-Ends Analysis lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. (2) Kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang memperoleh Pembelajaran Knisley lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. (3) Kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang memperoleh Pembelajaran Means-Ends Analysis lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran Knisley. (4) Self-Efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran Means-Ends Analysis positif. (5) Self-Efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran Knisley positif. (6) Terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis matematika dengan self-efficacy siswa.