Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Belajar Matematika pada Materi Barisan dan Deret
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar yang dialami oleh siswa SMA dalam memahami materi barisan dan deret. Dimana materi ini memerlukan pemahaman konsep, dan keterampilan berhitung, sehingga sering kali menjadi tantangan bagi siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode studi literatur. Hasil dari menggali beberapa jurnal menunjukan bahwa kesulitan utama siswa terletak pada pemahaman konsep aritmatika dan geometri, penerapan rumus, serta pada pemahaman soal cerita. Dengan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan tersebut yang meliputi kurangnya motivasi belajar siswa, kurangnya pemahaman terhadap rumus, serta metode pembelajaran yang tidak sesuai. Dengan adanya pendekatan,strategi, metode dan model pembelajaran yang sesuai itu dapat mengurangi dan menghilangkan kesulitan-kesulitan yang terjadi.