Analisis Kesulitan Siswa Smk Dalam Memahami Logika Matematika
Keywords:
Logika Matematika, Kesulitan SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai topik dalam materi logika matematika yang paling sulit dipahami oleh siswa SMK. Logika matematika merupakan materi penting dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis dan penalaran, namun sering kali menjadi kendala dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil kajian, ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan terutama dalam memahami bentuk-bentuk pernyataan seperti konvers, invers, dan kontraposisi, serta dalam menyusun dan menganalisis tabel kebenaran. Selain itu, penarikan kesimpulan logis dari suatu argumen juga menjadi bagian yang sering menimbulkan kebingungan. Kesulitan ini menunjukkan perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih kontekstual dan interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap logika matematika.