Analisis Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Memahami Konsep Materi Logaritma
Keywords:
Kesulitan Belajar, LogaritmaAbstract
Matematika merupakan ilmu yang sangat penting dalam perkembangan teknologi maupun dalam kehidupan sehari-hari. Namun seringkali dianggap sulit dan abstrak oleh sebagian siswa. Salah satu materi yang menimbulkan banyak kesulitan adalah logaritma. Penelitian ini menelaah apa saja kesulitan siswa dalam memahami materi logika dalam mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review untuk mengidentifikasi kesulitan siswa dalam memahami konsep logaritma berdasarkan sumber-sumber dari tahun 2016 hingga 2024. Proses analisis dan seleksi mengikuti kriteria inklusi yang meliputi studi sekunder berbahasa indonesia, yang berfokus pada siswa Sekolah Menengah Atas, serta tersedia teks penuh. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk mengelompokkan jenis kesulitan dan faktor penyebab. Hasil kajian menunjukkan bahwa kesulitan utama siswa terletak pada kesalahan konseptual, prosedural, dan operasi hitung. Faktor penyebabnya meliputi kurangnya pemahaman konsep dasar, kurang teliti, tidak melakukan pengecekan ulang, penggunaan rumus yang tidak tepat, dan anggapan soal terlalu sulit. Selain itu, kajian mengidentifikasi pengaruh gaya pengajaran yang kurang variatif, keterbatasan sumber beajar dan rendahnya motivasi belajar sebagai faktor pendukung. Masalah ini mendorong pengajar untuk menerapkan strategi pembelajaan berbasis pemahaman konsep, menggabungkan latihan prosedural yang terstruktur, dan memberikan kesempatan pengecekan diri. Rekomendasi lainnya mencakup peningkatan motivasi siswa melalui konsep aplikatif, penggunaan model pembelajaran inovatif, dan penelitian lanjutan yang mengevaluasi bagaimana motivasi pengajaran dapat membantu siswa merasa lebih percaya diri dan menguasai konsep logaritma secara bermakna.