Analisis Diskriminan Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika

Authors

  • Denita Auliya Azizatul Islam Universitas Bale Bandung
  • Emas Marlina Universitas Bale Bandung
  • Dini Andiani Universitas Bale Bandung

Abstract

Kualitas pendidikan merupakan suatu aspek yang perlu untuk terus ditingkatkan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan salah satunya adalah dengan cara memperhatikan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran matematika. Untuk itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengidentifikasi faktor yang memiliki pengaruh signifikan bagi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Dalam penelitian ini analisis diskriminan akan digunakan untuk mengetahui faktor signifikan dalam mengelompokan prestasi belajar siwa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Dari penelitian ini variabel bebas yang digunakan adalah faktor kesehatan, psikologis, lingkungan sekolah dan lingkungan keluara, sedangkan untuk variabel terikatnya yaitu prestasi belajar siswa. Dari penelitian ini diperoleh model diskriminan yaitu: . Sedangkan untuk faktor yang paling signifikan berpengaruh yaitu variabel keempat, lingkungan keluarga. 

Downloads

Published

2024-06-06