Penerapan Pembelajaran Integrated Self Paced Learning Berbantuan Digital Media untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Authors

  • Emas Marlina Universitas Bale Bandung
  • Fadli Azis Universitas Bale Bandung

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan penggunaan model pembelajaran yang tepat dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pembelajaran Integrated Self Paced Learning berbantuan Digital Media untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa. Pelaksanaan penelitian mulai dari bulan Januari sampai dengan Juni 2022. Subyek penelitiannya adalah Mahasiswa semester 6 Prodi Matematika sebanyak 6 orang. Metode penelitian ini adalah studi pustaka dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah data nilai ujian akhir semester genap tahun ajaran 2021-2022 terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis  diperoleh nilai rata-rata adalah 91,5, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Integrated Self Paced Learning berbantuan Digital Media cocok digunakan untuk memenuhi kebutuhan kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa.

Downloads

Published

2023-12-28