Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19

Authors

  • Tri Nugroho Wismadi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Bale Bandung, Indonesia
  • Ilhan Zulkifli Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Bale Bandung, Indonesia
  • Nine Dwi Oktaviani Rumah Sakit Umum Daerah Bina Sehat, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55222/healthyjournal.v11i2.1095

Abstract

Pandemi COVID-19 salah satunya memberikan dampak terhadap sistem pembelajaran di Indonesia. Dimana pembelajaran daring menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan oleh institusi pendidikan. Kondisi ini dapat berpengaruh pada motivasi belajar siswa sekolah dasar yang salah satunya diperlukan peran orang tua dengan memberikan dukungan baik secara emosional, penghargaan, instrumental, dan informasi. Oleh karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan orang tua dengan motivasi belajar siswa sekolah dasar pada pembelajaran dari dimasa pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah studi korelasi dengan pendekatan cross sectional. Hasil penelitian didapatkan dukungan orang tua yang tinggi (72,2%), dan motivasi belajar siswa sekolah dasar yang cukup baik (63,9%), sedangkan hasil Uji Rank Spearman didapatkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar siswa sekolah dasar pada pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 (p value 0.044). Dengan demikian perlu adanya upaya untuk terus meningkatkan dukungan orang tua dalam pembelajaran daring anaknya karena semakin tinggi dukungan orang tua akan meningkatkan motivasi belajar anaknya yang mengikuti proses pembelajaran daring di masa pendemi COVID-19.

Downloads

Published

2022-03-25

How to Cite

Nugroho Wismadi, T., Zulkifli, I., & Dwi Oktaviani, N. (2022). Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. Healthy Journal, 11(2), 71–82. https://doi.org/10.55222/healthyjournal.v11i2.1095