Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.55222/healthyjournal.v11i2.1095Abstract
Pandemi COVID-19 salah satunya memberikan dampak terhadap sistem pembelajaran di Indonesia. Dimana pembelajaran daring menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan oleh institusi pendidikan. Kondisi ini dapat berpengaruh pada motivasi belajar siswa sekolah dasar yang salah satunya diperlukan peran orang tua dengan memberikan dukungan baik secara emosional, penghargaan, instrumental, dan informasi. Oleh karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan orang tua dengan motivasi belajar siswa sekolah dasar pada pembelajaran dari dimasa pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah studi korelasi dengan pendekatan cross sectional. Hasil penelitian didapatkan dukungan orang tua yang tinggi (72,2%), dan motivasi belajar siswa sekolah dasar yang cukup baik (63,9%), sedangkan hasil Uji Rank Spearman didapatkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar siswa sekolah dasar pada pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 (p value 0.044). Dengan demikian perlu adanya upaya untuk terus meningkatkan dukungan orang tua dalam pembelajaran daring anaknya karena semakin tinggi dukungan orang tua akan meningkatkan motivasi belajar anaknya yang mengikuti proses pembelajaran daring di masa pendemi COVID-19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Healthy Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.