Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19

Authors

  • Kunkun Mhamad Yusfar Syaifuro Fakultas ilmu Kesehatan, Universitas Bale Bandung, Indonesia
  • Ilham Zulkifli Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Bale Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55222/healthyjournal.v11i1.1088

Abstract

Pandemi Covid-19 salah satunya memberikan dampak terhadap sistem pembelajaran di Indonesia. Dimana pembelajaran daring menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan oleh institusi pendidikan. Kondisi ini dapat berpengaruh pada motivasi belajar siswa sekolah dasar yang salah satunya diperlukan peran orang tua dengan memberikan dukungan baik secara emosional, penghargaan, instrumental, dan informasi. Oleh karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan  dukungan orang tua dengan motivasi belajar siswa sekolah dasar pada pembelajaran dari dimasa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah studi korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampelnya  adalah 36 siswa  dan orang tua siswa sekolah dasar kelas 5-6 di Desa Sarimahi Kecamatan Ciparay yang diambil dengan teknik Insidental Sampling. Pengumpulan data dengan kuesioner dan uji statistic dengan  Rank Spearman Correlation pada tingkat kesalahan 5%. Hasil  penelitian didapatkan dukungan orang tua yang tinggi (72,2%), dan motivasi belajar siswa sekolah dasar yang cukup baik (63,9%), sedangkan hasil Uji Rank Spearman didapatkan bahwa  terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar siswa sekolah dasar pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 (p value 0.044). Dengan demikian perlu adanya upaya untuk terus meningkatkan dukungan orang tua dalam pembelajaran daring anaknya karena semakin tinggi  dukungan orang tua akan meningkatkan motivasi belajar anaknya yang mengikuti proses pembelajaran daring di masa pendemi covid-19.

Downloads

Published

2022-03-25