PENGARUH PENYUSUNAN ANGGARAN DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA APARATUR PEMERINTAH DESA (Studi Survei Pada Pemerintahan Desa di Kecamatan Banjaran)

Authors

  • Dani Rachman Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi Universitas Bale Bandung
  • Syifa Vidya Sofwan Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi Universitas Bale Bandung
  • Repani Nopiani Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi Universitas Bale Bandung

Keywords:

Penyusunan Anggaran, Sistem Pengendalian Internal, Kinerja Keuangan Aparatur Pemerintahan Desa

Abstract

Penelitian ini menganalisis Pengaruh Penyusunan Anggaran dan Sistem Pengendalian Internal terhadap Kinerja Keuangan Aparatur Pemerintahan Desa di Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung.

Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dua variabel independen terhadap satu variabel dependen yang kemudian di lakukan uji hipotesis t serta uji hipotesis F untuk mengetahui tingkat signifikansi pengaruhnya. Adapun populasi penelitian ini yaitu aparat Pemerintahan Desa di Kecamatan Banjaran serta sampel yang diambil secara keseluruhan atau studi sensus, yaitu sebanyak 44 orang.

Berdasarkan hasil analisis deskriptif bahwa Penyusunan Anggaran dapat digambarkan cukup baik, Sistem Pengendalian Internal dapat digambarkan cukup baik dan Kinerja Keuangan dapat digambarkan cukup baik. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis verifikatif bahwa secara simultan maupun secara parsial Penyusunan Anggaran dan Sistem Pengendalian Internal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan Aparatur Pemerintahan Desa di Kecamatan Banjaran. Adapun hasil Koefisien Determinasi sebesar 55,4% dan sisanya sebesar 44,6% merupakan variabel lain yang turut mempengaruhi Kinerja Keuangan Aparatur Pemerintahan Desa. Adapun secara parsial, Sistem Pengendalian Internal lebih besar pengaruhnya daripada Penyusunan Anggaran.

Downloads

Published

2023-08-29

How to Cite

Rachman, D., Vidya Sofwan, S., & Nopiani, R. (2023). PENGARUH PENYUSUNAN ANGGARAN DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA APARATUR PEMERINTAH DESA (Studi Survei Pada Pemerintahan Desa di Kecamatan Banjaran). AKURAT | Jurnal Ilmiah Akuntansi FE UNIBBA, 14(02), 68–85. Retrieved from https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/akurat/article/view/1224

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>