PENERAPAN PENDEKATAN SCIENCE WRITING HEURISTIC (SWH) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA SISWA KELAS XI.IPS SMA PASUNDAN CIKALONGKULON MATERI SEBARAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA-DUNIA.

Authors

  • Ikeu Rasmilah Universitas Bale Bandung

Keywords:

Pendekatan Science Writing Heuristic (SWH), kemampuan kognitif, Biosfer, Flora, Fauna

Abstract

Variasi bentuk pendekatan dalam proses pembelajaran diharapkan dapat berguna untuk mengatasi permasalahanyang belum terselesaikan oleh model dan pendekatan pembelajaran sebelumnya. Oleh karena itu, dalam rangka mencari desain pendekatan yang sesuai dan tepat dengan karakteristik masing-masing materi Biosfer sebaran flora dan fauna di Indonesia-Dunia, maka tentu diperlukan alternatif dari proses pembelajaran agar terciptanya peningkatan kognitif  peserta didik, melalui pendekatan pendekatan Science Writing Heuristic (SWH). Peserta didik akan lebih menyelidiki gagasan-gagasan penting perihal karya ilmiah yang kemudian dituangkan ke dalam sebuah tulisan. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest post-test design yaitu kelompok diberikan tes awal lebih dulu kemudian diberi perlakuan (treatment) dan setelah itu di beri tes akhir tanpa adanya kelompok pembanding. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan yang cukup signifikan setelah di terapkannya Pendekatan Science Writing Heuristc (SWH).Hal tersebut dapat ditunjukan dengan perbedaan ketika pretest dan ketika psotest rata-rata siswa kelas XI.IPS 5 mengalami peningkatan. Untuk kemampuan C1 (Mengingat) rata-rata nilai siswa hanya 24,44 yang menjawab benar ketika pretest sedangkan ketika postest rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 53,90. C2 (Memahami) rata-rata nilai siswa ketika pretest adalah 22,24 kemudian dilakukan treatment setelah itu rata-rata nilai yang didapat setelah postest yaitu 45,80. C3 (Menerapkan) rata-rata nilai yang didapat oleh siswa ketika pretest 22,00 mengalami peningkatan yang cukup signifikat ketika postest rata-rata nila siswa 44,17. C4 (Menganalisis) ketika pretest nilai rata-rata siswa 20,00 dan ketika postest rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 44,20. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan secara umum, yaitu terdapat peningkatan kemampuan kognitif dengan kategori tinggi dari hasil penerapan pendekatan Science Writing Heuristic (SWH) dengan pokok bahasan materi biosfer sebaran flora dan fauna di Indoesia-Dunia pada kelas XI.IPS 5 di SMA Pasundan Cikalongkulon.

Downloads

Published

21-07-2022

How to Cite

Ikeu Rasmilah. (2022). PENERAPAN PENDEKATAN SCIENCE WRITING HEURISTIC (SWH) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA SISWA KELAS XI.IPS SMA PASUNDAN CIKALONGKULON MATERI SEBARAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA-DUNIA. RESOURCE | Research of Social Education, 2(1), 30–44. Retrieved from https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/resource/article/view/967