Penggunaan Model Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menentukan Nilai Tempat Bilangan Di Kelas 1 SDN Cisande 04
Abstract
Pemahaman siswa dalam materi nilai tempat bilangan yang merupakan bagian dari pelajaran matematika, masih rendah. Hal ini karena motivasi siswa untuk mempelajari matematika khususnya nilai tempat bilangan masih kurang. Selain itu, metode yang digunakan oleh guru masih berpusat pada guru sehingga siswa mudah merasakan jenuh dan bosan. Untuk itu proses pembelajaran harus ditingkatkan dengan pembelajaran yang lebih menarik. Proses pembelajaran matematika melalui pengembangan model picture and picture merupakan tujuan untuk meningkatkan pembelajaran lebih menarik serta siswa menguasai materi yang diajarkan. Upaya ini dilaksanakan dalam perbaikan pembelajaran di kelas I SDN Cisande 04 Sukabumi. Data yang dihasilkan melalui data kualitatif berupa hasil observasi kinerja guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung, sedangkan data yang diperoleh melalui kuantitatif berupa nilai akhir siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan perhatian, kesungguhan, keberanian siswa, dan peningkatan perolehan nilai. Jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar meningkat dari 16 siswa di siklus I menjadi 24 siswa. Sementar itu, di siklus 2, diperoleh ketuntasan 100%. Berdasarkan hal ini, model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar tentang menentukan nilai tempat bilangan siswa kelas I SDN Cisande 04.