TREN MASA DEPAN PENGGUNAAN APLIKASI WEB USAGE MINING

Authors

  • COMPUTING INFORMATIKA
  • Rustiyana

DOI:

https://doi.org/10.55222/computing.v7i02.851

Abstract

Web usage mining adalah penerapan teknik data mining untuk menemukan pola penggunaan dari data web dan untuk memahami dan melayani dengan lebih baik kebutuhan aplikasi berbasis web. Metode web usage mining menggunakan beberapa latar belakang pengetahuan seperti konten web, topologi situs web, Hirarki, navigasi pengguna dan batasan. Dalam penelitian ini penulis mengusulkan rekomendasi berbasis collaborative filtering baru metodologi yang menangani kelebihan produk masalah di situs-situs e-commerce besar. Tujuan dari penggalian data untuk menemukan perilaku pengguna saat mengakses web. Peneltian ini memberikan area penggalian data penggunaan web, teori dan tren penelitian di masa depan.  Web usage mining berhubungan dengan teknik penggalian data log untuk kinerja pengguna yang digunakan dalam aplikasi berbasis web serta mendukung perancangan , e-commerce, layanan yang. Web usage mining memiliki tiga fase yaitu preprocessing, deteksi pola dan pembelajaran pola. Pentingnya metode menganalisis pola log data web yang terdapat noise dan permasalahan saat preprocessing. Untuk mempelajari pola pengumpulan data harus secara profesional. Dibahas juga berbagai aplikasi penggalian data penggunaan web dan permasalahan yang ada, serta pekerjaan yang berkaitan web usage mining. Dalam penelitian diperoleh kesimpulan beberapa masalah dengan web usage mining seperti menemukan informasi yang diinginkan, menemukan informasi terkait, mempelajari pengetahuan yang berharga, rekomendasi atau personalisasi data.

Dalam perusahaan, penjualan merupakan aktivitas yang paling penting, karena penjualan berhubungan dengan Penyebaran, penjualan, pembelian barang dan jasa serta pendapatan, yang merupakan tujuan yang menentukan kelangsungan hidup dari sebuah perusahaan. Perusahaan yang penulis teliti adalah toko Trends Perfume. Toko Trends Perfume merupakan toko yang menyediakan berbagai jenis parfum dari berbagai merek.

Pada penelitian ini, terdapat masalah yang sedang terjadi pada toko Trends Perfume. Dalam pemasaran produk, toko yang penulis telilti ini masih menggunakan cara menual yang mengharuskan pelanggan berkunjung langsung ke toko yang menyebabkan produk masih kurang dikenal masyarakat luas. Permasalahan lain yang dihadapi toko Trends Perfume ini adalah pemilik sering kali memasok barang yang kurang banyak peminatnya sehingga barang yang sudah di pasok tidak laku dan membuat pemilik rugi. Oleh karena itu, Diperlukan suatu aplikasi penjualan yang dapat melakukan pemasaran dan pengelolaan barang agar proses transaksi dapat dilakukan secara cepat, efisien, dan akurat. Berdasarkan atas masalah yang terjadi, maka penulis tertarik untuk menilai sejauh mana peranan aplikasi penjualan ini dalam menunjang efektifitas penjualan. Perancangan aplikasi penjualan ini dilakukan dengan cara pengumpulan data, analisis sistem dan implementasi sistem. Sistem ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS, framework Bootstrap, Javascript dan database management system MySQL.

Dari hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa hasil dari perancangan ini adalah dibangunnya sistem penjualan parfum yang dapat digunakan untuk memasarkan produk-produk Trends Perfume dan membantu proses transaksi penjualan parfum serta pengolahan dalam pemasokan barang dan pembelian agar lebih tepat dan akurat. Peranan aplikasi penjualan yang diterapkan dalam perusahaan cukup memadai, meskipun peningkatan penjualan yang akan terjadi tidak akan meningkat drastis, tetapi menurut penulis toko Trends Perfume akan berkembang seiring berjalannya waktu

Downloads

Published

14-12-2020

How to Cite

INFORMATIKA, C., & Rustiyana. (2020). TREN MASA DEPAN PENGGUNAAN APLIKASI WEB USAGE MINING . COMPUTING | Jurnal Informatika, 7(02). https://doi.org/10.55222/computing.v7i02.851

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 > >>