MEMBANGUN APLIKASI JASA PENGIRIMAN BARANG MENGGUNAKAN ZENZIVA UNTUK SMS GATEWAY (STUDI KASUS PT. NINJA XPRESS MAJASERTA)
DOI:
https://doi.org/10.55222/computing.v8i01.568Keywords:
Pengiriman Barang, PHP dan MySQL, Jasa EkspedisiAbstract
Saat ini perkembangan sistem informasi yang berbasis web banyak sekali digunakan sebagai sarana peningkatan informasi hampir di semua bidang usaha, baik bidang perdagangan, industri maupun pendidikan. Penggunaan sistem informasi berbasis web dapat menjadi sarana promosi yang efisien dan fleksibel. Ninja Xpress/Ninja Van merupakan salah satu perusahaan pengiriman ekspres berbasis teknologi yang menyediakan layanan pengiriman tanpa repot untuk bisnis dari semua ukuran di Asia Tenggara. Pada saat ini perusahaan Ninja Xpress sudah banyak sekali layanan-layanan yang mereka sediakan dalam memuaskan pelanggan pelanggannya tujuan tersebut agar tetap bisa bersaing dengan perusahaan ekspedisi lainnya terutama di indonesia, namun dengan beberapa temuan persoalan yang penyusun temui yakni hal biasa yang sering terjadi seperti customer (penerima) mengeluhkan barangnya yang belum sampai karena ketidaklengkapan pemberian alamat yang diberikan oleh pengirim maupun penerima dan belum adanya notifikasi progres pengiriman melalui SMS (Short Message Service), sehingga pengiriman barang bisa terjadi tepat waktu atau jika terjadi kendala maka itulah penyebab lamanya dalam pengiriman. Hal inilah yang menyebabkan seringnya terjadi kesalahpahaman antara Ninja Xpress dan customer. Oleh karena itu hasil penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi berbasis web. Aplikasi web yang dibuat memberikan berbagai informasi dari mulai notifikasi SMS pengiriman barang, layanan paket pengiriman, tracking perjalanan barang, memuat informasi tarif, pengecekan nomor resi dan memberikan informasi lain yang berguna bagi pelanggan.