IMPLEMENTASI ALGORITMA FISHER YATES SHUFFLE DALAM PEMBUATAN UJIAN ONLINE BERBASIS WEB

Authors

  • COMPUTING INFORMATIKA
  • Rustiyana

Keywords:

Ujian Online, Algoritma , Fisher-Yates shuffle, Acak

Abstract

Pengujian proses pembelajaran sangat dibutuhkan untuk mengevaluasi proses pembelajaran yang sudah dilaksanakan. Ujian biasanya dilakukan diakhir  periode tertentu atau diakhir proses pembelajaran juga diberikan oleh pendidik dengan yang biasanya bersifat manual, mulai dari pembuatan ujian tersebut hingga proses pemeriksaan dan rekap hasil ujian. Namun dalam proses ujian sering kali terjadi kecurangan antar peserta ujian, salah satunya adalah saling contek menyontek antara peserta ujian, oleh karena itu soal ujian juga biasanya dibuat perpaket agar soal yang disediakan juga berbeda beda.

Dalam sebuah aplikasi penggunaan algoritma sudah biasa digunakan, salah satunya Algoritma fisher-yates shuffle dalam penggunaan ujian berbasis online untuk proses pengacakan soal ujian. Algoritma fisher yates shuffle dapat menghasilkan suatu permutasi acak secara berurut sehingga pertanyaan yang telah muncul tidak akan muncul lagi di sesi yang sama. Aplikasi ujian online ini merupakan  sebuah sistem untuk memudahkan proses evaluasi hasil pembelajaran, fitur utama yang ada didalam sistem tersebut adalah pengacakan soal menggunakan algoritma fisher-yates shuffle sehingga soal-soal yang muncul pada setiap pelaksanaan ujian akan berbeda satu sama lain.

Kesimpulan dari keseluruhan laporan skripsi ini adalah aplikasi ujian online menggunakan algoritma fisher-yates shuffle ini adalah sistem yang dirancang untuk mempermudah proses evaluasi hasil pembelajaran, mengurangi tingkatan kecurangan antar peserta ujian dengan cara mengacak soal-soal yang sudah tersedia sehingga setiap pelaksanaan ujian setiap mahasiswa mendapatkan susunan soal yang saling berbeda satu sama lain, membuat jalannya ujian sesuai dengan  jadwal yang sudah ditentukan, dan hasil nilai dari pelaksanaan ujian dapat langsung didapatkan secara real time, juga aplikasi dibuat secara daring atau online sehingga dapat di-akses kapanpun dan dimanapun.

Downloads

Published

2021-06-07

How to Cite

INFORMATIKA, C., & Rustiyana. (2021). IMPLEMENTASI ALGORITMA FISHER YATES SHUFFLE DALAM PEMBUATAN UJIAN ONLINE BERBASIS WEB . COMPUTING | Jurnal Informatika, 8(01), 16–21. Retrieved from https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/computing/article/view/566

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>