RANCANG BANGUN GAME NARRATIVE STORY DENGANMENGGABUNGKAN METODE SCRUM DAN GAME DEVELOPMENT LIFECYCLE.DI PT KINEMA SYSTRANS MULTIMEDIA

Authors

  • Yudi Herdiana Universitas Bale Bandung
  • Ratih Tresnati

DOI:

https://doi.org/10.55222/t3f5rf82

Keywords:

Game Lokal, Industri Kreatif, Pengembangan Game.

Abstract

ABSTRAK: Industri game lokal memiliki potensi besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia. Sebagai upaya mendukung hal tersebut, dikembangkan sebuah game edukatif yang mengangkat tema budaya Indonesia, ditujukan khusus untuk anak-anak. Game ini dirancang untuk memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan sekaligus mendidik, dengan fokus utama pada pengenalan budaya serta nilai-nilai lokal. Tahapan awal pengembangan meliputi studi literatur terkait game edukasi dan kekayaan budaya Indonesia, serta analisis kebutuhan pengguna (anak-anak) sebagai target audiens. Proses pengembangan mencakup perancangan cerita interaktif, desain karakter yang ramah anak, ilustrasi elemen budaya Indonesia, serta penyusunan mekanika permainan yang mudah dipahami namun tetap menantang. Hasil akhir dari pengembangan ini adalah sebuah game edukatif yang menyajikan mini-game interaktif, eksplorasi cerita, dan pengenalan unsur-unsur budaya lokal secara menyenangkan. Diharapkan game ini tidak hanya menjadi media hiburan, tetapi juga berfungsi sebagai sarana edukasi yang efektif untuk meningkatkan minat dan kecintaan anak-anak terhadap budaya Indonesia, serta turut berkontribusi pada kemajuan industri game lokal. 

Downloads

Published

30-06-2025

How to Cite

RANCANG BANGUN GAME NARRATIVE STORY DENGANMENGGABUNGKAN METODE SCRUM DAN GAME DEVELOPMENT LIFECYCLE.DI PT KINEMA SYSTRANS MULTIMEDIA. (2025). COMPUTING | Jurnal Informatika, 12(01), 25-34. https://doi.org/10.55222/t3f5rf82

Most read articles by the same author(s)