IMPLEMENTASI PETA 3 DIMENSI MENGGUNAKAN METODE IMSDD (INTERACTIVE MULTIMEDIA SYSTEM DESIGN AND DEVELOPMENT) DAN WEBGL API BERBASIS WEB

Authors

  • COMPUTING INFORMATIKA
  • Yusuf Muharam UNIBBA
  • M Bayu Anggara UNIBBA
  • Taufiq Jamil Hanafi UNIBBA

Keywords:

Peta 3D, Sistem Informasi Peta Kampus, IMSDD, WebGl API , Blender 3D.

Abstract

Peta merupakan hal yang dibutuhkan banyak pengguna, tidak terkecuali pendidikan menengah pertama. SMP Karya Pembanguna 2 Majalaya merupakan salah satu pendidikan sekolah mengengah pertama yang mempunyai banyak bangunan fisik. Informasi peta kampus yang masih digunakan sampai sekarang adalah dalam berntuk master plan peta 2D berformat WORD. Hal ini mengakibatkan siwa/siswi dan pengunjung SMP Karya Pembanguna 2 Majalaya menjadi kebingungan dan tidak mengetahui letak bangunan serta ruangan yang ingin dituju. 

Membangun sebuah peta 3D interaktif yang dapat memperlihatkan lokasi dan letak bangunan beserta ruangannya berbasis web menggunakan WebGl API merupakan cara terbaik untuk memberikan layanan informasi kampus. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan system multimedia interaktif (IMSDD). 

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah peta kampus berbentuk 3D berbasis web  pada kampus SMP KP 2 Majalaya yang dapat memperlihastkan bentuk fisik bangunan, lokasi, dan informasi nama Gedung berserta ruangan yang ada di SMP Karya Pembanguna 2 Majalaya dalam bentuk peta digital.

Downloads

Published

2023-06-05

How to Cite

INFORMATIKA, C., Yusuf Muharam, M Bayu Anggara, & Taufiq Jamil Hanafi. (2023). IMPLEMENTASI PETA 3 DIMENSI MENGGUNAKAN METODE IMSDD (INTERACTIVE MULTIMEDIA SYSTEM DESIGN AND DEVELOPMENT) DAN WEBGL API BERBASIS WEB. COMPUTING | Jurnal Informatika, 10(01), 37–42. Retrieved from https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/computing/article/view/1155

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>