ANALISIS DATA PELANGGARAN LALU LINTAS DI PERSIMPANGAN KOTA BANDUNG : STUDI KASUS JALAN RAYA SOEKARNO HATTA

Authors

  • Muhamad Hadziq Ilham Universitas Widyatama
  • Rosmawati Universitas Widyatama
  • Fitrah Rumaisa Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.55222/computing.v10i01.1131

Keywords:

pelanggaran lalu lintas, kendaraan bermotor, Statistik deskriftif

Abstract

Paper ini bertujuan untuk menganalisis data pelanggaran lalu lintas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh pengendara kendaraan bermotor yang melintas di kota Bandung selama periode waktu tertentu. Sampel penelitian diambil dengan metode purposive sampling, yaitu pengendara kendaraan bermotor yang tercatat melakukan pelanggaran lalu lintas di persipangan sepanjang jalan raya Soekarno Hatta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah rekaman dari cctv ATCS Dishub Bandung.

Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pelanggaran lalu lintas yang terjadi pada persimpangan sepanjang jalan raya Soekarno Hatta mengalami kenaikan seiring bertambahnya volume jumlah kendaraan di Indonesia khususnya di kota Bandung.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan untuk meningkatkan pengawasan dan penegakan hukum terhadap pelanggar lalu lintas yang melakukan pelanggaran yang paling sering terjadi. Selain itu, perlu adanya upaya pencegahan dan pengurangan faktor risiko yang mempengaruhi perilaku pelanggaran lalu lintas, seperti memberikan edukasi tentang keselamatan berkendara dan meningkatkan kualitas infrastruktur jalan raya.

Downloads

Published

2023-06-05

How to Cite

Muhamad Hadziq Ilham, Rosmawati, & Fitrah Rumaisa. (2023). ANALISIS DATA PELANGGARAN LALU LINTAS DI PERSIMPANGAN KOTA BANDUNG : STUDI KASUS JALAN RAYA SOEKARNO HATTA. COMPUTING | Jurnal Informatika, 10(01), 7–14. https://doi.org/10.55222/computing.v10i01.1131