PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENGELOLAAN USAHA TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI (Studi Survey Koperasi pada Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bandung)

Authors

  • Dani Rachman Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Bale Bandung
  • Shopiatun Nissa Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Bale Bandung

Keywords:

Kualitas pelayanan, pengelolaan usaha, partisipasi anggota koperasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan pengelolaan usaha terhadap partisipasi anggota koperasi di Kabupaten Bandung. Metode penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji hipotesis. Populasi penelitian adalah seluruh koperasi yang mewakil penelitian 2 koperasi yaitu Koperasi Pegawai Pemerintahan Kabupaten Bandung “Repeh Rapih Kerta Raharja” dan Koperasi Simpan Pinjam Nahdlatul Tujjar di Kabupaten Bandung, dengan sampel sebanyak 50 responden. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, hanya kualitas pelayanan yang memberikan pengaruh signifikan terhadap partisipasi anggota koperasi, sedangkan pengelolaan usaha tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap partisipasi anggota koperasi. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya bagi koperasi untuk terus berupaya meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada anggotanya.

Downloads

Published

2024-12-28

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3