MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)

Authors

  • Emas Marlina FMIPA Matematika UNIBBA

DOI:

https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v12i2.224

Keywords:

Kecerdasan bahasa, linguistik, cooperative learning

Abstract

Artikel ini membahas pentingnya kecerdasan bahasa (linguistik) dalam pembelajaran Matematika. Kecerdasan linguistik berkaitan dengan kemampuan membaca, menulis, berdiskusi, berargumentasi dan berdebat. Kemampuan tersebut tidak hanya dikembangkan pada pelajaran berbahasa Indonesia, akan tetapi di bidang yang lainnya seperti Matematika. Adapun upaya dalam meningkatkan kemampuan kecerdasan linguistik pada pembelajaran Matematika yaitu melalui Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Kajian teori yang akan dibahas pada artikel ini meliputi: 1) ciri-ciri siswa yang memiliki kecerdasan linguistik; 2) Matematika sebagai bahasa; 3) Langkah-langkah Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).

Downloads

Published

2019-10-30

How to Cite

Marlina, E. . (2019). MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) . METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 12(2), 12–16. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v12i2.224