PENGARUH PENYUSUNAN ANGGARAN DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS KINERJA KEUANGAN PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (BKPSDM) KABUPATEN BANDUNG

Authors

  • Djodi Setiawan Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bale Bandung
  • Wanwan Khoerul Soleh Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bale Bandung

Keywords:

Penyusunan Anggaran, Sistem Pengendalian Internal, Kualitas Kinerja Keuangan

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh Penyusunan Anggaran dan Sistem Pengendalian Internal terhadap Kualitas Kinerja Keuangan pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung.

Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dua variabel independen terhadap satu variabel dependen yang kemudian dilakukan uji hipotesis t serta uji hipotesis F untuk mengetahui tingkat signifikansi pengaruhnya. Adapun populasi penelitian ini yaitu pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung sebanyak 67 orang, serta sampel diambil dengan menggunakan rumus slovin sehingga hasilnya sebanyak 40 orang.

Berdasarkan hasil penelitian, secara simultan maupun secara parsial Penyusunan Anggaran dan Sistem Pengendalian Internal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Kinerja Keuangan. Adapun hasil Koefisien Determinasi sebesar 76,7% dan sisanya sebesar 23,3% merupakan variabel lain yang turut mempengaruhi Kualitas Kinerja Keuangan tetapi tidak diteliti.

Kata kunci :      Penyusunan Anggaran, dan

Downloads

Published

2021-04-21

How to Cite

Setiawan, D., & Khoerul Soleh, W. (2021). PENGARUH PENYUSUNAN ANGGARAN DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS KINERJA KEUANGAN PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (BKPSDM) KABUPATEN BANDUNG. AKURAT | Jurnal Ilmiah Akuntansi FE UNIBBA, 12(1), 148-161. Retrieved from http://ejournal.unibba.ac.id/index.php/akurat/article/view/397

Most read articles by the same author(s)