PENGEMBANGAN USAHA MELALUI PENERAPAN BLUE OCEAN STRATEGY (BOS) PADA UKM BATIK ZIE SEMARANG

Authors

  • Diana Puspitasari Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Semarang
  • Linda Novasari Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Semarang

Keywords:

Blue Ocean Strategy (BOS), UKM Batik Zie Semarang

Abstract

Dibukanya pasar bebas AEC (Asean Economic Community) pada tahun 2016 mengakibatkan mau tidak mau ada persaingan dalam segala bidang terutama persaingan usaha antara industri dalam negeri dengan industri luar negeri. Salah satu UKM yang mencoba ikut bersaing dalam pasar bebas adalah UKM Batik Zie yang ada di Semarang. Terbukanya pasar bebas bagi para pelaku usaha, mendorong Batik Zie untuk terus melakukan inovasi strategi bisnis sehingga dapat menjadi komoditi yang dapat menembus pasar ekspor yang berdampak pada terciptanya lapangan kerja guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu solusi atau strategi yang bisa digunakan dalam menghadapi persaingan pasar yang ketat dalam dunia usaha adalah dengan mengadopsi dari penerapan Blue Ocean Strategy (BOS).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi rancangan bisnis yang tepat dan mendeskripsikan penerapan Blue Ocean Strategy (BOS) UKM  Batik Zie Semarang agar usaha tersebut mampu bertahan, berperan, dan bersaing. Target khusus dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran pengetahuan mengenai Blue Ocean Strategy (BOS).

Situasi pada industri batik yang dihadapi Batik Zie merupakan situasi yang menggambarkan blue ocean strategy. Hal tersebut tercermin pada kondisi dimana Batik Zie sebagai pemain tunggal dalam industry batik yang mengembangkan batik hasil eksplorasi berbasis lingkungan alam pesisiran sebagai media pewarna alami dimana usahanya berfokus pada produksi batik dengan menggunakan warna alam yang ramah lingkungan serta pemanfaatan limbah dan pembudidayaan tanaman langka. Penerapan Blue Ocean Strategy pada Batik Zie telah berhasil dan tercermin pada skema kerangka kerja empat langkah (Hapuskan-Kurangi-Tingkatkan-Ciptakan).

Downloads

Published

2019-12-30

How to Cite

Puspitasari, D., & Novasari, L. (2019). PENGEMBANGAN USAHA MELALUI PENERAPAN BLUE OCEAN STRATEGY (BOS) PADA UKM BATIK ZIE SEMARANG. AKURAT | Jurnal Ilmiah Akuntansi FE UNIBBA, 10(3), 31–40. Retrieved from https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/akurat/article/view/167