PERAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA KP 1 CIPARAY

Authors

  • RINAYANTI LAELA NURWULAN Dosen Prodi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Bale Bandung
  • JULIMAWATI Dosen Prodi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Bale Bandung
  • HANI SUKMAWARDANI Prodi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Bale Bandung

Keywords:

media audio visual, pendidikan geografi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media audio visual berperan efektif dalam kegiatan belajar mengajar dikelas dan untuk mengetahui apakah media audio visual ini dapat membantu guru dalam kegiatan belajar mengajar dikelas. Penggunaan metode pembelajaran sampai saat ini masih menggunkan metode yang sama dimana guru masih sepenuhnya berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini tentunya menyebabkan kurangnya pemahaman siswa pada materi yang disampaikan dan minat belajar siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Maka dari itu penulis melakukan penelitian di SMA KP 1 Ciparay menggunakan media audio visual untuk mengetahui peran media audio visual terhadap pembelajaran geografi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroon Action Reaserch (CAR) penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dimana setiap siklusnya dilakukan dua tindakan yang berbeda. Penelitian ini dilakukan pada kelas bantu dan pada kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalalh dengan cara pengamatan observasi lapangan, angket, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan adanya perbedaan dan peningkatan pada setiap siklus dan tindakan yang dilakukan. Peran media audio visual pada pembelajaran geografi ini dapat dilihat dari efektifitas kegiatan belajar mengajar dan antusias siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar saat menggunakan media audio visual juga membantu guru saat penyampaian materi menjadi lebih efektif pula. Peran media audio visual tidak hanya dirasakan oleh peneliti saja, namun siswa dan guru juga merasakan adanya perubahan dan peran dari media audio visual tersebut. Siswa lebih efektif, bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran serta guru juga dapat merasakan peran media audio visual yang dapat membantu guru agar lebih memudahkan dalam menyampaikan materi yang akan disampaikan.

Downloads

Published

2018-11-30

How to Cite

NURWULAN, R. L., JULIMAWATI, & SUKMAWARDANI, H. (2018). PERAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA KP 1 CIPARAY. GEOAREA | Jurnal Geografi, 1(2), 45–53. Retrieved from https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/Geoarea/article/view/145